HUT Persatuan Jaksa Indonesia, Ini Arahan Jaksa Agung RI

Jakarta,Gemparberita.com Jaksa Agung RI Dr. Burhanuddin memberikan arahan pada Acara Syukuran Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang mengangkat tema “Menjaga Marwah Institusi Untuk Terus Berprestasi” dari Lantai 10 di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Hadir mendampingi Jaksa Agung RI yaitu Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi, SH. M.Hum selaku Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia (PJI), Para Pejabat Eselon I dan Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang ada di Jabodetabek.

Sementara hadir dalam jaringan (daring) yaitu Para Kepala Kejaksaan Tinggi beserta jajaran, Para Kepala Kejaksaan Negeri beserta jajaran, serta Para Kepala Cabang Kejaksaan Negeri beserta jajaran dari seluruh wilayah di Indonesia.

Jaksa Agung RI menjelaskan Perkembangan organisasi profesi Jaksa tidak terlepas dari perkembangan kedudukan institusi Kejaksaan itu sendiri.

Pada masa kemerdekaan, Kejaksaan dibentuk berada dalam lingkup Departemen Kehakiman, selang 15 tahun kemudian, tepatnya 22 Juli 1960 Kejaksaan menjadi departemen yang terpisah atau mandiri.

begitu juga dengan perkembangan atau wadah organisasi profesi Jaksa pada saat itu yang bernama Persatuan Djaksa-Djaksa Seluruh Indonesia (PERSADJA) yang menjadi cikal bakal lahirnya Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) kemudian berubah menjadi Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) pada tahun 1993.

Salah satu hal utama yang dapat diambil sebagai pelajaran adalah untuk selalu menjaga dan meningkatkan soliditas atau persatuan diantara para Jaksa, dimana bahwa lembaga ini tidak hanya semata-mata wadah profesi para Jaksa, namun juga sarana dalam memperjuangkan idealisme kebenaran dan keadilan.

Jaksa Agung RI mengatakan sebagai bentuk dukungan Persatuan Djaksa-Djaksa Seluruh Indonesia (PERSADJA) dalam menjaga marwah institusi Kejaksaan tersebut, kemudian disadari oleh para Hakim.

Syukuran dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun PJI Tahun 2021 ini mengambil tema “Menjaga Marwah Institusi Untuk Terus Berprestasi”, sebuah tema yang penuh makna dan sangat relevan saat ini mengingat tantangan dalam pelaksanaan tugas Jaksa yang terus berkembang menuntut para Jaksa untuk meningkatkan kreatifitas dan terus berprestasi ditengah keterbatasan saat ini.

Terlebih saat ini dalam perkembangan Kejaksaan Republik Indonesia, telah terbentuk organisasi baru di Kejaksaan yaitu Jaksa Agung Muda Pidana Militer (JAMPIDMIL).   (Cel)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.