Residivis Penggelapan Ranmor Diciduk Timsus Maleo Polda Sulut

Manado,Gemparberita.com Sang Residivis spesialis kendaraan bermotor (Ranmor) Roda Dua, lelaki bernama RH alias Buser (38) berhasil dibekuk Timsus Maleo Polda Sulut dengan tuduhan kasus penggelapan ranmor.

Tersangka warga Singkil Kota Manado ini, yang sudah menjadi Target Operasi dari Timsus Maleo akhirnya diamankan pada hari Senin, (27/07) sekitar pukul 09.30 Wita, di daerah Tanawangko.

Pengungkapan kasus penggelapan ranmor ini dijelaskan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, SIK, saat conference pers yang digelar di depan loby Gedung Ditreskrimum Polda Sulut, Kamis (30/7/2020).

Tersangka sendiri katanya sudah melakukan beberapa kali aksi penggelapan ranmor di daerah Manado dan Tondano, Kabupaten Minahasa dalam kurun waktu antara bulan Desember 2019 hingga Juli 2020.

“Modus yang dilakukan, pelaku menumpang sepeda motor yang sudah menjadi target kemudian meminta pengendara sepeda motor mengantarnya ke tempat tujuan. Setelah tiba di lokasi tujuan, pelaku meminjam sepeda motor dengan berbagai macam alasan. Setelah berhasil menguasai sepeda motor tersebut, pelaku langsung membawa kabur dan menjualnya,” ujar Kabid Humas didampingi Timsus Maleo Kompol Prevly.

Pada umumnya katanya, yang menjadi korban adalah para pengendara Ojek Pangkalan yang berusia tua. Timsus juga berhasil mengamankan 16 unit sepeda motor berbagai jenis.

Pasal yang dilanggar adalah 372 KUHP dengan ancaman hukuman, pidana penjara paling lama 4 tahun.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga yang mengalami hal yang sama agar segera melaporkan atau menginformasikan, baik kepada Timsus Maleo maupun ke Penyidik Ditreskrimum Polda Sulut untuk dapat diungkap bilamana menjadi korban dari perbuatan RH ataupun pelaku lainnya,” tandasnya.

Barang bukti penggelapan kemudian dikembalikan lagi ke para pemilik dengan status dipinjampakaikan, bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan dalam proses penyidikan, barang bukti dapat dihadirkan kembali oleh pemilik.

Pemilik kendaraan yang menjadi korban menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan petugas Kepolisian dalam pengungkapan kasus penggelapan ini.

“Saya pribadi mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada Timsus Maleo yang telah bekerja keras mendapatkan kembali kendaraan kami yang dibawa kabur tersangka, sekali lagi terima kasih Tim Maleo,” ucap Yopi Mandagi (52) warga Minut yang menjadi korban penggelapan.   (Cel)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.