Dinas Pendidikan Minahasa Gelar Bimtek

 

Minahasa, GemparBerita.Com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Minahasa menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS).

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, Riviva Maringka melalui Sekretaris Dinas, Tommy Wuwungan mengatakan Bimtek RKAS merupakan program dinas pendidikan dalam rangka pembenahan secara terus menerus terhadap pelaporan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang sesuai dengan Juknis.

” Tahun ini dasar kita adalah Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 sebagai perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020,” ujarnya, Rabu (10/6).

Dijelaskannya, Permendikbud Nomor 19 itu berkaitan dengan covid-19, jadi bisa ada pergeseran-pergeseran program dalam juknis itu. Contohnya dalam standar penilaian, ketika kita tidak melakukan ujian kenaikan kelas sedangkan itu sudah ditata dalam RKS maka dana itu dapat di geser untuk kegiatan yang berkaitan dengan covid-19 misalnya pembelian hand sanitizer dan masker.

” Tujuan dari Bimtek ini untuk mengarahkan seluruh kepala sekolah agar supaya dalam pembuatan RKAS itu benar benar sesuai dengan kedua Permendikbud tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, kami juga Menindaklanjuti rekomendasi BPK tentang perbaikan-perbaikan penatausahaan keuangan.

” Sehingga kedepan, dari tahun ke tahun laporan dana BOS yang di masukkan oleh pihak sekolah ke dinas pendidikan benar benar sesuai dengan permen atau juknis yang berlaku,” pungkasnya.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.