Dandim 1302 Minahasa : Tidak Mengadakan Open House adalah Bentuk Sayang Kita Kepada Sesama

 

MINAHASA, GemparBerita.Com -Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, mengajak Anggotanya dan Masyarakat mengikuti himbauan pemerintah terutama dalam rangkaian perayaan Idul Fitri.

” Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, kita juga harus mengutamakan dan memperhatikan kesehatan diri dan keluarga kita, Budaya halal bihalal atau open house hendaknya ditiadakan untuk saat ini karena sangat berpotensi penyebaran Covid-19 dan akan memunculkan Cluster baru,” ujar Dandim Letnan Kolonel Inf Slamet Raharjo, Jum’at (22/5/2020).

Bisa dibayangkan apabila kita melaksanakan halal bihalal atau open house di rumah kita, setiap orang, saudara, rekan yang berkunjung ke rumah, kita tidak bisa memastikan mereka dalam kondisi terpapar atau tidak.

” Seandainya salah satu orang, rekan, saudara kita, katakanlah Si- A positif Covid-19 yang belum diketahui karena belum melaksanakan pemeriksaan atau baru saja tertular ditempat lain dan berkunjung dirumah kita. akhirnya kita dan keluarga berpotensi tertular,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kita terpapar covid-19, misalnya tempat duduk, makanan atau bekas makanannya yang kita pegang atau bersinggungan dengan tanpa sengaja yang biasa kita lakukan saat halal bihalal. Hal itu bisa menjadi kerugian dan resiko bagi kita selaku tuan rumah.

” Selanjutnya Si-B mengunjungi kita, maka Si-B berpotensi juga akan tertular, Si-C, D, E, dan selanjutnya, setiap orang yang berkunjung kerumah kita berpotensi tertular,” terang Dandim.

Lanjut Dandim, begitupun Si-A sebagai penular pertama akan berkunjung ke rumah tetangga lainnya akan menularkan virus ini, begitupun Si B, C, D, s/d Z semua akan berperan sebagai penular berikutnya.

” Maka pada akhirnya akan timbul cluster baru dilingkungan kita hanya karena satu orang yaitu Si-A sebagai pembawa Virus tanpa disengaja. Hal ini akan sangat mudah menularkan karena halal bihalal sangat identik dengan makan bersama dan bercengkerama dan makanan inilah yang akan langsung masuk ke mulut kita dan hidung kita maupun mata kita. karena disaat makan sesuatu kita pasti akan membuka masker yang kita pakai,” urainya.

Dandim menegaskan, kita jangan menjadi penyebab timbulnya Cluster baru di lingkungan kita, sudahkan kita menyadari akan bahaya ini ?, Sudahkah kita menyayangi diri dan keluarga kita ?.

” Apabila belum, mari kita saling mengingatkan. Kita sayangi diri dan keluarga kita, kita sayangi saudara, rekan masyarakat dan lingkungan kita dengan tidak mengadakan pertemuan, kumpul-kumpul, pada perayaan halal-bihalal yang mengundang banyak orang, Taati dan ikuti himbauan pemerintah, tetap dirumah, pola hidup sehat, cuci tangan, pakai masker dan yang paling utama adalah disiplin,” imbau Dandim.

Selanjutnya Dandim mengimbau agar melaksanakan Halal bihalal melalui media sosial, WA, Video call dan lainnya.

” Yang utama adalah hati kita yang dengan tulus ikhlas saling memaafkan tanpa merugikan orang lain, dalam menyambut lebaran saya Komandan Kodim 1302/Minahasa bersama keluarga menyampaikan, Selamat Hari Raya Idul Fitri Tahun 1441/H, Mohon maaf lahir batin, semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dari kehidupan kita,” pungkasnya.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.