Antisipasi Krisis Pangan Dampak Covid-19, Dandim Galakkan Tanam Umbi-Umbian

Talaud, Gemparberita.com – Mengantisipasi dampak krisis pangan akibat Virus Corona Desease tahun 2019(Covid-19) di Kabupaten Talaud, Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irwan Guptarochman N., S.T., M.M, bersama jajaran prajurit di Kodim, galakkan menanam ubi kayu di lokasi pemda Talaud.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian serius dari kalangan pemerintah dan warga setempat. Dimana, dengan sigap prajurit TNI-AD dibawah komando pak Dandim, melakukan giat tanam Ubi Kayu.

” Bersama prajurit Kodim 1312/Talaud ramai-ramai tanam umbi-umbian untuk antisipasi terjadinya krisis pangan akibat virus corona (Covid-19),” ucap Dandim Irwan kepada awak media saat di lokasi tersebut.

Menurutnya, memanfaatkan lahan tidur milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud di lokasi perkantoran. Sebuah kesempatan baik dalam menggalakkan cocok tanam jenis umbian.

Giat menggalakkan budidaya tanaman pangan lokal seperti ubi kayu, talas, jagung, padi sawah dan padi ladang serta sayur-sayuran.

Merupakan upaya antisipasi dampak ekonomi, khususnya ketahanan pangan di wilayah Kepulauan Talaud apabila wabah Covid-19 berlangsung lama dan terjadi lockdown.

” Gerakan ini sudah kami instruksikan ke semua jajaran Koramil untuk dilaksanakan. Semua Koramil wajib membuka lahan perkebunan bersama warga masyarakat di desa-desa binaan yang dipelopori oleh para Babinsa di wilayah desa binaan masing-masing,” pungkas Dandim.

Ditambahkan Dandim, terkait gerakan menanam tanaman pangan lokal ini, jajaran Koramil di Kodim 1312/Talaud mulai membuka lahan pertanian bersama warga sejak pekan lalu.

Seperti dilakukan jajaran Koramil 08/Melonguane dan Koramil Miangas yang membuka lahan pertanian di Desa Ambela dan Desa Mala serta jajaran Koramil Miangas yang juga giat membuka lahan pertanian Desa Miangas.

Sementara itu, sehubungan pencegahan penyebaran Covid-19, Kodim 1312/Talaud melalui jajarannya, terlihat terus aktif dalam semua kegiatan pencegahan. Mereka terus melakukan penyemprotan disinfektan hingga ke rumah-rumah warga di berbagai desa, melakukan sterilisasi di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara serta tempat vital lainnya. (man)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.