Bersama Forkopimda, Gagola Wakili Bupati E2L Hadiri Penanganan Vicod-19 di Kodim

Talaud, Gemparberita.com – Pemerintah Kabupaten Talaud kembali melaksanakan rapat konsolidasi pencegahan dan pengobatan Virus Corona(Vicod-19) di aula khusus Kodim 1312/Talaud yang dihadiri Forkopimda, Tim Dinas Kesehatan, dan Tim BPBD Talaud, Kamis(19/3/20) kemarin.

Asisten II Setda, Toni Gagola MSI dalam pemaparannya mengatakan persoalan Vicod-19 di wilayah Talaud adalah suatu kewajiban pemerintah daerah dan stakeholder untuk berperan dalam pencegahan. Sehingga itu kita tidak boleh terlena sedikitpun dalam menjaga agar semua bersih.

” Membasmi wabah vicod-19, kita harus pro aktif dalam menjaga setiap sudut maupun pusat keluar masuknya orang di daerah ini. Termasuk jaringan lintas sektoral, agar bisa terdeteksi,” ujar Gagola.

Lanjutnya, selain pencegahan virus kami juga lakukan pemeriksaan keadaan harga BBM, Sembako dan masker di lapangan. Sampai ada oknum yang melakukan prnaikan harga sepihak atau penimbunan barang.Sementara Dandim 1312/Talaud, Letkol. Czi Irwan Guptorachman, mengatakan saat ini pihaknya mengawali dengan cara penyemprotan disinfektan dan pembersihan lingkungan di titik dinas badan dan kota di Melonguane.

” Dalam mencegah vicod-19, kami lakukan pembersihan lingkungan dan penyemprotan disinfektan,” ungkap Dandim

Menurut Irwan,  hingga saat ini sudah bertambah 8 orang dalam Pengawasan karena sering keluar daerah. Sehingga perlu penanganan pencegahan secara cepat dan menghindari berita hoax, agar kegiatan semuanya lancar.

Terpisah, Danlanal, Letkol. Mar Adi Sucipto, mengatakan proses pencegahan vicod-19 ini secara internal kami sudah 4 hari cek up kesehatan semua prajurit lanal, agar selali terdeteksi setiap saat.

” Tiap hari kami selalu cek up kesehatan. Dan ini cara kami menghindari vicod-19,” ucap Danlanal sambil memberi signal kepada pemda Talaud, dimana terkait keperluan pencegan maupun hal lain menyangkut pertolongan pertama.

Pihak lanal siap untuk membantu.Senada dengan Kapolres, AKBP Alam Kusuma S Irawan,SH SIK MH, pihaknya selalu siaga dalam penangan secara preventif di lapangan.

” Aparat kami bekerja maksimal dalam usaha pencegahan vicod-19 ini. Dan setiap sudut kota ataupun pelabuhan, kami selalu lakukan pemeriksaan penumpang,” tutur Kapolres.

Pada acara ini, Kajari Talaud, Agustiawan Umar, MH juga mengatakan bahwa pertemuan ini adalah membangun kebersamaan dalam berkomitmen dalam usaha mencegah Covid-19, agar tidak terjadi di Talaud.

” Jadi marilah kita bersinergi semua stakeholder dalam memerangi wabah Viccod-19 di daerah ini,” tutup Kajari. (man)

Banner IDwebhost