Nunggak Tagihan Listrik, PLN Rayon Kawangkoan Putuskan Aliran Listrik Tanpa Pemberitahuan

 

Minahasa, GemparBerita.Com – Menunggak tagihan listrik 2 bulan, PLN Rayon Kawangkoan melakukan pemutusan aliran listrik pada salah satu rumah pelanggan, Rabu(19/2/2020) di Desa Winebetan Kecamatan Langowan Selatan.

Ibu Sorsin M, pemilik rumah, mengatakan bahwa pemutusan Listrik dilakukan oleh sejumlah petugas PLN tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

” Ini sangat mengecewakan, karena tanpa pemberitahuan langsung memutuskan listrik,” ujar Ibu Sorsin.

Selama ini, lanjutnya, memang terlambat membayar tagihan listrik dan pernah menunggak, namun selalu memenuhi pembayaran tunggakan. Biasanya selama ini selalu didahului dengan pemberitahuan, tetapi ini tiba-tiba datang langsung putuskan.

” Meskipun menunggak, tapi selalu melunasi termasuk dendanya. Bahkan, pimpinan PLN sebelumnya sempat datang ketika akan dilakukan pemutusan, namun mereka memberikan keringanan,” terangnya dengan nada kesal sembari mengatakan bahwa selama ini ketika terjadi listrik padam membuat sejumlah peralatan elektronik di rumah rusak, namun sama sekali tidak ada penjelasan atau alasan selalu klasik.

Terkait tindakan yang tidak berkesan ini, Ketua Aliansi Wartawan Minahasa (AWAM) Jeffree Uno dengan tegas menyebut harusnya sikap arogan tidak diberlakukan kepada pelanggan.

” PLN itu melayani masyarakat (pelanggan) jadi Jangan arogan begitu, PLN butuh masyarakat begitu juga sebaliknya. Mana tanggung jawab ketika peralatan rusak akibat pemadaman listrik tiba-tiba?” semprot Uno yang berjanji akan mengonfirmasi perihal tindakan arogan ini.

Jika memang menunggak, kata dia, bisa dikomunikasikan secara baik-baik dan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pelanggan.

“ Apalagi bukan sengaja dan tidak mau membayar kewajiban. Ini kan bukan pertama kali menunggak, namun selalu dilunasi yang bersangkutan meski berbulan-bulan,” pungkasnya.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost