Musrembang Kecamatan Kauditan 12 Desa Minta Infrastruktur Jalan

Minut, GemparBerita.com – Pemerintah Kecamatan Kauditan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di balai kecamatan setempat, Jumat 14 Februari 2020. Kegiatan yang dibuka ole Camat Kauditan Royke Rampengan Spt MSi ini turut dihadiri oleh unsur Tripicam, anggota DPRD Minut Antonhy Pusung, SKPD terkait beserta 12 hukum tua (Kumtua) dari 12 desa yang ada di Kecamatan Kauditan.

Dalam kegiatan tersebut, bidang pembangunan dan perbaikan sarana infrastruktur yang terbanyak diusulkan oleh warga melalui Kumtua masing-masing desa agar bisa ditata dalam anggaran tahun 2021 mendatang.

Camat Kauditan Royke Rampengan Spt MSi mengatakan, sebelum digelar Musrenbang tingkat kecamatan, pihaknya lebih dahulu menyelenggarakan kegiatan serupa di tingkat desa.

“12 desa yang ada di Kecamatan Kauditan, sebagian besar memang mengusulkan adanya perbaikan infrastruktur seperti jalan, drainasse, jembatan dan lainnya,” kata Rampengan.

Dikatakannya, ada beberapa usulan yang nantinya akan disampaikan pemerintah kecamatan di Musrenbang Kabupaten nanti. Namun yang lebih penting ada adalah usulan prioritas jalan penghubung antar desa.

“Jalan penghubung 2 desa atau lebih serta desa yang belum mendapatkan bantuan tahun kemarin seperti Desa Kawiley dan Desa Kaasar, itu akan menjadi skala prioritas dalam pengusulan di Musrenbang tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Minut Antonhy Pusung mengatakan jika dirinya bersama dengan beberapa legislator dari Dapil Kauditan akan siap mengawal aspirasi warga Kauditan.

“Usulan warga akan kami kawal bagi masyarakat kecamatan ini,” ucap Pusung.

Kepala Bapelitbang Minut, Arnolus Didi Wolajan SSTP MM mengatakan, semua usulan berhak disampaikam pemerintah desa dan kecamatan ke Pemkab Minut. Namun usulan diminta sesuai peruntukkan dan anggaran yang tersedia.

“Kalau ada pembangunan yang masih bisa dikerjakan lewat dana desa, itu tidak perlu diusulkan lagi. Sebab pembangunan nanti akan ada yang dibiayai oleh pemerintah daerah maupun pusat atau lewat APBD dan APBN,” kata Wolajan.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.