KPU Provinsi Sulut Gelar Rapat Koordinasi Tahapan Penyerahan Balon Perseorangan Gubernur dan Wagub

Manado, Gemparberita.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Sosilisasi dan Rapat Koordinasi Tahapan Penyerahan Dukungan Bakal Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Tahun 2020, rapat digelar diruangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut tepatnya di jalan Diponegoro No 25, Teling Atas Manado, Jumat (14/2/2020).

Pembukaan oleh Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewoh, pada kesempatan yang sama dirinya menyampaikan akan digelar Rapat Koordinasi untuk penyerahan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020.

“Saya selaku Ketua KPU Provinsi Sulut membuka Rapat Koordinasi untuk penyerahan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020, dalam peraturan KPU No 16 tahun 2019 yang telah mengatur program jadwal Pemilihan Serentak Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2020,”ucap Mewoh.

Kembali dikatakan Ketua KPU Ardiles Mewoh, bahwa sesuai dengan peraturan Daerah Pilihan (Dapil) Provinsi Sulut akan menerima dokumen dukungan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

“Penyerahan dokumen dukungan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Dapil Provinsi akan kami terima pada tanggal 16 f
Februari hingga tanggal 20 f
Februari 2020,”ucapnya.

Dijelaskan Mewoh bahwa tahapan sudah dimulai sejak bulan Oktober tahun 2019 lalu. Sejak bulan Oktober 2019 tahapan sudah dimulai dan KPU sudah menetapkan syarat dengan memasukkan dukungan untuk calon perseorangan minimal 190.812 dukungan KTP yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota se-Sulut.
Dengan jumlah DPT 1.908.115 dari jumlah penduduk 2.645.118 di Sulut, dengan jumlah dokumen yang tersebar minimal di 8 Kabupaten/Kota yang ada.

“Terkait dengan penerimaan dokumen perseorangan, maka dilaksanakan kegiatan ini, untuk menjelaskan bagaimana mekanisme dan ketentuan. Dan untuk tahapan jadwal calon perseorangan punya waktu tahapan yang sangat panjang.

“Dimulainya tahapan jadwal calon perseorangan dari bulan Oktober 2019 hingga berakhir di bulan mei 2020 dengan tahapan yang panjang dan kurang lebih 7 bulan, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur melalui jalur perseorangan,”pungkasnya.

(Feicy Tatilu)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.