9 Bangunan Rusak Berat Akibat Cuaca Ekstrim

Talaud, GemparBerita.com – Gempaberita.com – Dampak abrasi atau pengikisan akibat hantaman gelombang laut di pesisir pantai Desa Ruso, mengakibatkan 9 bangunan rumah warga termasuk satu unit pastori Gereja Katolik yang berada tak jauh dari pantai, rusak berat.

Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi warga yang berdomisili di daerah pesisir pantai, apalagi kalau cuaca buruk disertai gelombang tinggi.

Sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan, Kepolisian bersama masyarakat disekitar Desa Ruso melaksanakan giat kerja bakti, Jumat (14/2/20).

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP. Alam Kusuma S Irawan, SIK MH mengungkapkan, Kepolisian telah turun ke lokasi bencana dan melakukan kegiatan bakti sosial untuk membersihkan puing-puing bangunan yang runtuh akibat bencana tersebut.

“Anggota kita pasca kejadian sudah berada di lokasi guna memberikan bantuan tenaga kepada warga yang terdampak, bahkan sampai hari ini kita bekerja sama dengan semua pihak untuk terus membantu masyarakat di Desa Ruso,” ungkap Kapolres

Menurutnya, bencana tersebut terjadi saat cuaca buruk dimana terjadi gelombang tinggi yang menyebabkan terjadinya abrasi pantai sehingga rumah-rumah warga yang berada di dekat pantai rusak.

” Dijumpai 8 rumah warga dan 1 pastori gereja katolik yang memang letaknya di dekat pantai menjadi sasaran terkena abrasi sehingga mengalami kerusakan dan kejadian ini tidak ada korban jiwa,” ucapnya.

Dengan kejadian ini, pihaknya akan terus melakukan kerja bakti di Desa Ruso sampai benar-benar teratasi dan dipastikan akan ditangani dengan baik. Kata Kapolres, sambil memastikan timnya akan tetap siaga ditempat.

” Kepolisian akan terus memberikan sumbangsi tenaga untuk membantu warga terdampak bencana membersihkan reruntuhan dan bersama TNI juga, kita memastikan daerah tersebut aman dengan memasang penahan ombak meski bersifat sementara.” jelasnya. (man)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.