Sosialisasi Pembentukan Badan Adhoc, Resmi Digelar KPU Talaud

Talaud, GemparBerita.com – Sosialisasi pembentukan badan adhoc pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2020 resmi gelar di aula kantor KPUD Talaud, Rabu (22/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri Komisioner KPU Sulut yakni Ketua Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi Salman Sahelangi, Ketua KPU Talaud Aripatria Pandesingka, Anggota KPU Budirman, Adri LJ Sumolang, Jouwy Lukas, Ramli Rauf, Ketua Bawaslu Talaud Jekmon Wauda, TNI-Polri, perwakilan dari Dinas Kesehatan Talaud, perwakilan Disdukcapil, perwakilan partai politik, calon anggota PPK.

Komisioner KPU Sulut yakni, Ketua Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi Salman Sahelangi mengatakan, Talaud merupakan Kabupaten terakhir yang digelar sosialisasi pembentukan badan adhoc dari KPU Provinsi Sulut.

Dikatakannya, menjadi dasar hukum dalam pembentukan badan adhoc ini adalah PKPU No.3 Tahun 2015.

Ia menjelaskan dalam aturan ini sudah dua kali diubah, yakni PKPU No.12 Tahun 2017 dan PKPU No13 Tahun 2017. Di mana surat dinas KPU RI No 12 Tahun 2020, dimana dalam surat ini lebih detail soal perekrutan badan adhoc.

“Jadi perlu diketahui, secara umum semua mekanisme masih sama dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebelum-sebelumnya. Hanya yang mendapat sedikit penegasan saat ini yakni penggunaan perhitungan periode dan terhadap larangan bagi tim kampanye yang terdaftar selama lima tahun belakangan ini,” terang Sahelangi.

Selanjutnya untuk tahapan Pilkada Serentak pihaknya masih menggunakan PKPU No.16 Tahun 2019.

Komisioner KPU Talaud Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih dan SDM Andri LJ Sumolang secara teknis menyampaikan jadwal pembentukan PPK mulai dari pendaftaran PPK, perpanjangan, penelitian administrasi, pengumuman hasil penilitian, seleksi tertulis, pemeriksaan hasil seleksi tertulis, pengumuman hingga pelantikan PPK. ” untuk jadwal pelantikan PPK 29 Februari 2020. Sementara untuk masa kerja PPK selama 9 bulan terhitung bulan maret hingga November,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU Aripatria Pandesingka menyampaikan banyak terima kasih kepada peserta yang sudah mengambil bagian dalam sosialisasi tersebut. “Sukses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2020 adalah sukses kita semua,” pungkasnya. (man)

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.