Musrembang Desa Maumbi Banyak Aspirasi Masyarakat

Minut, GemparBerita.com – Memaksimalkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka Pemerintah Desa Maumbi Kecamatan Kalawat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa yang dilaksanakan di Balai Desa, Rabu (22/1/2020) dan dibuka oleh Camat Kalawat Alexander Warbung. Dalam kegiatan ini turut melibatkan BPD, tokoh masyarakat dan 9 kepala jaga yang ada di desa tersebut.

Adapun sejumlah aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam Musrenbang yakni penyediaan air bersih, ruang ramah lingkungan desa, pengadaan lampu jalan, pembangunan talud, pembuatan jalan rabat beton, batas desa, pertanian (permintaan bibit pertanian dan perikanan) serta pelebaran jembatan.

“Semua usulan ini akan kami tampung untuk dibahas ke Musrenbang tingkat kecamatan,” ujar Penjabat Kumtua Desa Maumbi Johni Tanod Ssos.

Dalam aspirasi ini, lanjut Tanod, nantinya akan dipisahkan mana pengerjaan yang akan dikerjakan oleh Pemkab Minut dan Pemprov Sulut serta mana yang bisa ditangani lewat Dana Desa (Dandes). “Contohnya pelebaran dan pembangunan jembatan, tidak mungkin itu ditangani desa atau Pemkab Minut. Itu nantinya akan ditangani oleh Pemprov Sulut,” tandasnya.

Terkait Dandes, tambah Tanod, pemerintah Desa Maumbi masih fokus pada penyediaan sarana infrastruktur.

“Pemberdayaan masyarakat memang penting, tapi sarana infratsruktur yang masih lebih penting,” tambahnya.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost