UPTD Puskesmas Kolongan Sosialisasi Lokakarya Mini Lintas Sektor dan Stop BAB Sembarangan

Minut, GemparBerita.com – UPTD Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat adakan kegiatan sosialisasi Mini Lokakarya Lintas Sektor. Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menghimbau kepada masyarakat stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Kamis (7/11/2019) di kantor Camat Kalawat.

Kepala UPTD Puskesmas Kolongan, dr Cicilia Paat MKes mengatakan masalah kesehatan sangat kompleks, baik dari sistem penerapannya maupun dari pola hidup masyarakat itu sendiri, namun memang unsur gaya hidup masyarakat inilah yang sangat serius disoroti. Sebab akan menjadi percuma jika pemerintah, instansi kesehatan menjalankan sistem dan program kesehatan yang profesional dan bermutu tanpa di imbangi respon dari masyarakat itu sendiri sebagai pelaku dan obyek untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, yaitu melalui paradigma sehat.

“okakarya ini sangat penting untuk membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemanku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Paat.

Sementara itu, Camat Kalawat, Alexander Warbung SIP mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh semua elemen masyarakat. Sebab, Kecamatan Kalawat yang merupakan pintu gerbang Kabupaten Minut dari Manado, permasalahan kesehatan harus diperhatikan.

“Saya berterima kasih kepada UPTD Puskesmas Kalawat yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Semoga lokakarya ini bisa memberikan pemahaman yang baik bagi warga,” ujar Warbung.

Camat Kalawat juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Kalawat agar stop Buang Air Besar sembarangan. Melalui surat edaran Bupati Minut tentang stop BAB sembarangan.

“Di Kecamatan Kalawat masih ada lima desa masih BAB sembarangan. Namun dalam kesempatan ini sudah sampaikan kepada pemerintah desa harus mendeklarasikan stop BAB dan segera ditindaklanjuti terkait surat edaran Bupati Minut,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan inu, Kapolsel Airmadidi Iptu Stanley Rambing, Danramil Airmadidi, Sekcam Kalawat Iswanto Senduk, para Kumtua, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost