Panitia Pilhut Tetapkan 3 Calon Hukum Desa Matungkas

Minut, GemparBerita.com – Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di Kabupaten Minut sudah masuk dalam tahap penetapan bakal calon yang lulus berkas administrasi. Di Desa Matungkas Kecamatan Dimembe, telah ditetapkan 3 calon oleh Panitia Pihut pada Jumat, (15/11/2019).
Mereka adalah Adeleide Sengkeh, Alfian Mailoor SP dan Novieta Tangkudung.

Ketua Pantia Pihut Wenie Rumengan mengatakan, 3 calon sudah lulus dari beberapa seleksi dan sudah melengkapi berkas. Calon yang sudah ditetapkan ini tidak bisa mengundurkan diri. Sebab, jika mundur ada sanksi tegas yang siap diberikan oleh Pemkab Minut.

“Kalau mundur dari pencalonan, harus ganti rugi sebesar 100% dari total biaya keseluruhan pelaksanaan Pilhut di Desa Matungkas ini,” tutur Rumengan.

Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos mengatakan, di Desa Matungkas memiliki 3445 pemilih, namun hanya 3 orang yang berani mengambil sikap untuk memajukan desa untuk 6 tahun kedepan. Untuk itu diminta kepada calon Kumtua yang sudah ditetapkan ini agar bisa sama-sama dengan kepolisian dan TNI menjaga keamanan desa.

“Panitia juga harus mengikuti jadwal tahapan. Jika ada perubahan, itu kewenangan Pemkab Minut dan bukan dari panitia. Sekali lagi saya minta jaga keamanan bersama selama Pilhut. Perangkat desa, BPD dan panitia Pilhut juga harus netral dalam menjalankan tugas,” ujar Dengah.

Sementara itu, Kumtua Matungkas, Hany Dirk ikut mengajak kepada semua calon dan pendukung atau warga untuk ikut sama-sama menjaga keamanan desa. Apalagi pada awal pekan depan merupakan tahapan kampanye selama 3 hari sehingga diminta tidak ada perpecahan dalam warga.

“Jangan sampai Pilhut membuat masyarakat jadi terkotak-kotak,” ucap Dirk.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost