Kemendesa PDTT Adakan Sosialisasi 80 Desa di Minut Berbasis Online DECI

Minut, GemparBerita.com – Direktorat Jendral pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi RI (Kemendesa PDTT) adakan sosialisasi panduan fasilitasi desa cerdas. Sebanyak 80 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengikuti kegiatan tersebut, di hotel Sutan Raja, Kamis (07/11/2019).

Direktorat pelayanan sosial dasar ditjen PPMD Kemendesa PDTT Ivan Rangkuti, SE, M.Si Kasubdit Pengembangan Akses Informasi Masyarakat mempaparkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat kemajuannya.

“Berbagai data dan informasi yang dibutuhkan yang dibutuhkan dengan cepat dapat diperoleh melalui media internet, karena jaringan internet sebagian besar sudah masuk sampai ke pedesaan, sehingga orang dapat mengakses informasi yang dibutuhkan,”ujar Rangkuti.

Ditambahkannya, informasi yang diberikan dari pemerintah Desa kepada masyarakat melalui Sistem Informasi Desa (SID) yang berbasis online masih bersifat satu arah dan belum transparan serta interaktif.

“Untuk meningkatkan fungsi SID sebagai media keterbukaan informasi yang transparan dan interaktif, direktorat pelayanan sosial dasar dan direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa pada tahun 2019 akan mengembangkan pilot project Desa Cerdas Informasi (DECI) berbasis online,”tuturnya.

Sementara itu, Kadis Dinsos PMD Bobby Najoan SH yang didampingi Sekretaris Dinas Endru Palandung menyampaikan terimakasih kepada pihak Kementrian yang memilih Minut sebagai tempat untuk dilaksanakannya kegiatan ini.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Kementerian desa yang memilih Minut untuk kegiatan ini. Diharapkan bahi semua peserta agar dapat mengikuti kegaiatan ini dengan serius, teliti, dan baik,” kata Najoan sembari mengharap kiranya kegiatan ini dapat diserap dan diterapkan di setiap desa yang ada di Minut.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost