Gempa Berulang-Ulang Masyarakat Kema Menggungsi di Daratan Tinggi

Minut, GemparBerita.com – Gempa 7,1 magnitudo yang mengguncang perairan Jailolo Maluku Utara berdampak di Sulawesi Utara (Sulut) Kamis (14/11) malam. Lebih khusus di Desa Kema 2 dan 3 mengungsi karena terdengar adanya isu Tsunami diwilayah itu.

Saat dikonfrimasi Camat Kema Vilma Anthonie SH MH, menjelaskan bahwa pada pukul 00.30 wita masyarakat Kema yang berada di pesisir pantai banyak yang lari menggungsi diatas gunung.

“Di Kecamatan Kauditan, di perumahan. Tadi pagi banyak masyarakat sudah kembali ke rumah. Banyak yang menggungisi perempuan dan anak, sedangkan yang tinggal menjaga aparat desa serta kecamatan,” ujar Anthonie, kepada gemparberita.com, Jumat (15/11/2019).

Ditambahkannya, sekira pukul 09.00 wita, gempa lagi sangat kuat, banyak masyarakat Kema 3 naik ketempat yang tinggi di jalan parawisata Batu Nona dan mendirikan tenda-tenda disitu.

“Tenda darurat ini sudah terpasang dari malam,” katanya.

Dijelaskannya, kecamatan Kema kurang lebih 50 kepala keluarga sudah diberikan bantuan berupa air mineral, roti dan supermi atas nama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan S.Th. Sedangkan BPBP Minut memberikan makanan siap saji, air mineral, dan ikan kaleng.

“Masyarakat Kema harus tetap tenang, tidak perlu takut berlebihan, dan sebisa mungkin segera kembali ke rumah masing-masing keadaan hingga saat ini aman kondusif,”tutupnya.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost