Dinsos dan PMD Gelar Pelatihan Usaha Ekonomi Masyarakat

Minut, GemparBerita.com – Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos dan PMD) kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Pelatihan Usaha Ekonomi Masyarakat Tahun Anggaran 2019, Jumat (8/11/2019) di Pondopo Kantor Bupati Minut.

Pembawa materi Drs Meldy Pascoal M.Kes mempaparkan makanan tradisional di Sulut sudah mulai tergeser dari makanan dari luar.

“Anak-anak jaman sekarang sudah mulai makanan dari luar, makanan lokal mulai tergeser. Dan kebanyakan masyarakat sekarang makan di luar,”kata Pascoal.

Sambutan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan S.Th yang diwakili oleh Drs Asisten II Allan Mingkid mengatakan, peran serta Usaha Ekonomi Masyarakat atau Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) sangat strategis bagi perekonomian daerah dan Nasional.

“Unit usaha sangat tergantung pada SDM yang solid dalam organisasi dan ketrampilan manajerial. Masyarakat harus mampu menggali potensi di sektor UMKM,”ujar Mingkid.

Ditambahkannya, kabupaten Minut menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah ditetapkan Presiden RI Ir. Joko Widodo dan bisa menjadi primadona baru di sektor pariwisata nasional dan mancanegara.

“Dengan itu, masyarakat atau pelaku usaha dapat menjual produknya seperti Budaya, seni serta kuliner Minut harus kita angkat jangan sampai diambil pihak lain,”tuturnya.

Sementara itu, Kadis Dinsos dan PMD Bobby Najoan SH mengatakan, kegiatan ini kita melibatkan pelaku-pelaku usaha dan juga kita melibatkan PKK dan seluruh element masyarakat tingkat desa.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini kita bisa pahami secara luas dan hal-hal apa saja kita bisa melakukan terobosan untuk perkembangan ekonomi masyarakat di desa. Dan juga ada menyinggung tentang stanting, karena itu relasi di Desa faktor gizi,”ujar Najoan.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost