10 Sanggar Tarian dan 10 Sanggar Kolintang Meriahkan Festival Seni Budaya Daerah Minut

Minut, GemparBerita.com – Dinas pariwisata (Dispar) kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Festival Seni Budaya Daerah Minut. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dispar Minut Audy Sambul S.Sos, Selasa (19/11/2019) di aula Jens House Airmadidi.

Kadis Dispar Audy Sambul melalui kabid Kebudayaan Drs Gerard Katili M.Si mengatakan, festival seni budaya ini untuk memajukan sektor pariwisata khususnya di bidang kebudayaan sekaligus dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Minut ke-16 tahun.

“Kegiatan ini diikuti oleh 10 sanggar tari dan 10 sanggar kolintang. Untuk tarian yang ditampilkan yakni tari Maengket, tari Pisok, tari Lengso dan tari Tumatenden. Untuk kolintang akan disiapkan dalam pertandingan di Jakarta nantinya,” ucap Katili.

Ditambahkan Katili, kegiatan ini lebih difokuskan pada peserta kaum milenial, SD, dan SMP. Ini bertujuam agar kecintaan anak penerus bangsa terhadap kebudayaan daerah Minut. Untuk itu, kegiatan ini akan terus dilakuan Dispar Minut setiap tahunnya.

“Sengaja melibatkan sanggar agar masyarakat tahu bahwa sanggar ini bisa membawah nama harum desa maupun Minut,” tutupnya.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost