Unggul Dalam “UK” Jowangkai Hukum Tua Tolombukan, Ini Pesan Wabub Legi

Mitra. GemparBerita.com – Pelaksanaan uji kompetensi hukum Tua Jumlah suara yang sama, di Desa Tolombukan Barat, kecamatan Pasan, kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), 10 Oktober 2019 yang bertempat di Balai Pelatihan Tolombukan Barat.

Pertarungan antara kedua calon hukum Tua, Robbin Jowangkai Am.Ak dan Ovelin Ratulangi Sp. Pada bulan yang lalu, lewat pemilihan langsung oleh masyarakat membuahkan hasil yang sama dangan masing masing calon merai suara 73 dan 73.

Dengan meraih suara yang sama, maka sesuai Juknis pelaksanaan pemilihan hukum tua, maka kedua calon harus mengikuti Uji Kompetensi yang secara terbuka di depan umum.

Disaksikan masyarakat, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten serta pihak kepolisian, para calon hukum tua di berikan 100 soal pertanyaan yang akan di jawab atau di isi oleh para calon hukum tua, dengan waktu yang diberikan oleh panitia selama 2 Jam.

Usai kegiatan tersebut di temui Bupati Mitra James Sumendap SH, Lewat Wakil Bupati Mitra, Jesaja Legi, mengatakan uji kompetensi ini murni dan tidak di politisir atau di intervensi oleh pihak lain.

“Bagi Saya Pilhut ini sudah sangat demokratis, dan ini luar biasa karena satu satunya proses pilhut mitra yang calon hukum tua mendapatkan suara yang sama pada pemilihan yang lalu, dan berdomisili di jaga yang sama, sehingga sesuai Juknis harus di uji lewat uji kompetensi untuk menentukan siapa pemenang dan menjadi hukum tua.

“Ini di buktikan dengan Soal yang masih di Segel, serta kunci jawabannya. Yang terpenting dalam pelaksanaan uji kompetensi Murni dan tanpa campur tangan dari pihak manapun.

Menurut Legi, hal ini juga tak lepas dari kerja sama dan pengertian dari semua pihak mulai dari penyelengara pilhut, para calon hukum tua, masyrakat tolombukan barat yang megedepankan kepentingan orang banyak.

“Kami sebagai pemerintah kabupaten, sangat mengapresiasi bagi semua pihak, terutama masyarakat pendukung yang telah menciptakan situasi kondusif selama pelaksanaan pilhut lalu, hingga proses FPT yang berlangsung sukses.
Ini tentunya bukan hanya sukses pemkab mitra, tapi sukses masyarakat Tolombukan, sukses pemerintah kecamatan dan sukses bagi kita semua, jelas Wabub Jesaja Legi. Yang di aminkan Asisten Satu, Yanni Rolos, Kadis PMD Boy Akay dan Kabag Humas Arnold Mokosolang. (Aron).

Banner IDwebhost