Sampaikan Materi Tentang BUMDes, Ini Harapan Kadis PMD

 

Minahasa, GemparBerita.Com – kegiatan Pembinaan, dan Pengawasan
penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa wajib diikuti oleh pemerintah desa yang ada di daerah, Hal Ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) PMD Jeffry Sajow, Rabu 2 Oktober 2019 di Aula GMIM Remboken.

 

 

” Sebab, berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan Badan Usaha Milik desa (BUMDes),” ujar Sajow.

Lanjutnya, Hukum tua sebagai komisaris BUMDes usai kegiatan ini jika tidak sesuai dengan materi agar ditindak lanjut untuk penyesuaian, baik pengurusnya atau cara mengelola BUMDES .

” Kegiatan Pembinaan, Pengawasan Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa lebih difokuskan kepada Bumdes agar kegiatan Bumdes sesuai dengan yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) desa,” terangnya.

Ditambahkannya, BUMDes dikatagorikan, Dasar, Tumbuh, Berkembang dan Maju.

” Di Minahasa ada 74 desa katagori dasar, 150 desa katagori tumbuh dan 2 desa katagori berkembang yaitu desa Sendangan di Sonder dan desa Tounsewer Tompaso,” tutupnya.

Sementara di awal kegiatan Camat Remboken Drs Jorris Tumilantouw, yang sekaligus membuka kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai Undang-undang yang berlaku dan dalam proses perencanaannya tidak hal-hal yang menonjol.

Dirinyapun berharap agar Kadis PMD tidak jenuh-jenuh untuk memberikan pembinaan dan pengawasan.

” Dan kami akan tetap komitment dan konsisten untuk mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya sembari berharap para peserta yang hadir dapat menyimak dengan baik apa yang di sampaikan oleh narasumber.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost