HUT Ke-121 Desa Kalawiran, Bupati ROR Sampaikan Hal Ini

 

Minahasa, Gempar Berita.Com – Bupati Minahasa Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring M.Si, (ROR) menghadiri Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-121 Desa Kalawiran, Sabtu (12/10/2019) di Lapangan desa Kalawiran Kecamatan Kakas barat.

Bupati Minahasa, Ir. Royke Oktavian Roring M.Si (ROR), dalam sambutannya menyampaikan, perayaan HUT Ke-121 desa Kalawiran merupakan ungkapan Syukur dari pemerintah dan masyarakat desa Kalawiran atas berkat dan tuntunan Tuhan.

” Tetapi intinya dari pada refleksi iman kita hari ini, kita mensyukuri betapa besar tuntunan dan kasih Tuhan dalam hidup dan kehidupan pemerintah serta rakyat di desa Kalawiran,” ujar bupati.

Lanjutnya, sudah banyak yang kita kerjakan dan sudah banyak yang kita rasakan. tetapi tentu masih banyak yang diharapkan oleh masyarakat dan desa Kalawiran untuk kita lakukan bersama kedepan.

” Selang 1 tahun ini, kita sudah Berupaya menjawab dambaan-dambaan masyarakat, mulai dari BPJS 100%, hampir 36 Milyar kita anggarkan,” ungkap bupati.

Lanjutnya, memang ini jadi pergumulan, karena tahun ini sudah keluar iuran BPJS yang baru dari 23 ribu menjadi 42 ribu yang di tanggung oleh pemerintah.

” Saya sampaikan kepada Camat dan hukum tua untuk mengevaluasi kembali program ini, bagi yang betul-betul harus dapat itu yang kita berikan,” kata bupati.

Karena, lanjut dia, ada yang kita tanggung BPJS tapi kalau keluarga ini sakit datang berobat bukan cuma sampai di Tomohon tapi sampai di Singapore. Jadi saya kira, yang seperti ini kita akan kurangi.

” Jadi inilah upaya-upaya kita, berikutnya kita sudah mengupayakan kira-kira 1.600 yang berkembang menjadi 1.780 berkembang lagi menjadi 1.834 guru honorer. Kita naikan pembayarannya 300%,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, program Gubernur dan Wakil gubernur yang adalah satu-satunya gubernur dan wakil gubernur kita yang membayar BPJS ketenagakerjaan bagi petugas keagamaan, yaitu Pendeta, guru agama, pelayan khusus, gembala, pastor, kostor, pegawai gereja termasuk didalamnya Kyai, ustad dan penjaga mesjid. Ini satu-satunya program gubernur dan wakil gubernur, yang dilengkapi oleh pemerintah kabupaten dengan perangkat desa serta tenaga non ASN (THL).

Ditambahkannya, Melanjutkan program sebelumnya yaitu pemberian tunjangan kepada pimpinan-pimpinan agama yakni, Pendeta, pastor, gembala, serta memberikan seragam untuk kelas 1 SD dan Kelas 1 SMP berupa seragam tas dan sepatu.

” Topang dan doakan saya dan pak wakil bupati dalam menjalankan amanah yang dipercayakan oleh bapak ibu sekalian. dari tahun 2018 sudah lewat satu tahun lebih dan kiranya Tuhan berkenan hingga tahun 2023 untuk boleh menjadi saluran berkat bagi kita sekalian rakyat di Minahasa, rakyat di kecamatan Kakas Barat terlebih khusus rakyat di desa Kalawiran, Tuhan kiranya memberkati rakyat dan pemerintah desa Kalawiran, Atas nama pemerintah dan Rakyat kabupaten Minahasa, serta keluarga kami Roring-Lumanauw, dan Keluarga Wakil bupati Dondokambey-Lengkong, serta seluruh perangkat menyampaikan banyak selamat kepada pemerintah dan Rakyat desa Kalawiran atas berkat Tuhan boleh mensyukuri dalam usia ke-121 tahun,” ucap bupati.

Pada kesempatan, bupati juga mengajak untuk berdoa agar Pelantikan Presiden dan wakil presiden dapat berjalan dengan Aman dan Damai.

” Kita berlutut, bergumul dan berdoa sebagaimana waktu kita memilih Presiden dan Wakil Presiden agar pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden boleh berjalan Aman, damai dan sukses. untuk melayani rakyat Indonesia 5 tahun kedepan, melayani rakyat Sulawesi Utara, melayani rakyat Kabupaten Minahasa, melayani rakyat di kecamatan Kakas barat, terlebih khusus bagi rakyat desa Kalawiran,” pungkasnya.

Adapun Ibadah Syukur HUT ke-121 desa Kalawiran dipimpin oleh Pdt Sompe Mth, MPOK, Wakil Ketua BID APP Sonode GMIM

Dihadiri : Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring M.Si, (ROR), Sekdis PMD Jefry Tangkulung SH MAP, Camat Kakas barat Jeane A Sumendap, Kajari Minahasa, Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Minahasa Maya Kainde SH, Kasub Humas danĀ  protokoler Setdakab Minahasa Ariel J Wowor, Kapolsek Kakas Iptu Andre Mamahit, Danramil Kakas Pelda Danny Saraun, Para Hukum tua, Insan Pers Biro Minahasa, Masyarakat dan undangan.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost