HAG Siap Sosialisasi Produk Kelapa dan Pala

Minut, GemparBerita.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) Hangky Arther Gerungan (HAG) hadiri Pelepasan ekspor komunitas pertanian Sulawesi Utara di PT Royal Coconut. Dan pelepasan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Ir. Ali Jamil Mp, Ph.D, Jumat (20/9/2019).

Ketum Kadin Sulut Hangky Arther Gerungan mengatakan, kita dari Kadim mengapreasisasi kepada pemerintah pusat begitu intens turun ke daerah-daerah untuk menuju swasembada pertanian di tahun 2020.

“Khusus pengusaha di Sulut untuk meningkatkan kwalitas produk-produk andalan kita khususnya di Sulut untuk dibawah eksport agar supaya permintaan pasar lebih meningkat,” ujar HAG.

HAG berharap kepada pengusaha yang ada di Sulut agar mensosialisasi hasil produk andalan untuk di eksport.

“Kami pengusaha yang ada di Sulut akan adakan sosialisasi produk andalan Sulut. Agar bisa dikenal di dunia serta bisa lebih besar permintaan,” harapnya.

Dirinya baru tahu bahwa satu tumbuhan kelapa bisa mendapatkan 50 produk turunannya, mulai dari serbuk, tempurung, lidi, dll. Kita tahu bersama bahwa kelapa itu bisa di ekspor cuma kopra. Dan kita tahu bersama harga kopra sekarang menurun atau anjlok.

“Perlu kita ketahui kelapa banyak manfaatnya seperti air bisa bikin minuman, minyak. Sehingga satu kelapa, harganya bisa meningkat.

Dijelaskannya, bukan cuma kopra produk andalan Sulut, akan tetapi ada satu produk unggulan sudah di uji coba di Jepang yaitu Pala.

“Bukan cuma itu di Sulut ada salah satu produk unggulan yaitu pala, dan pala di Sulut sudah pernah di teliti di Jepang bahwa pala kita berkualitas dunia,”pungkasnya.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost