Golkar Tentukan Wakil DPRD Minahasa Melalui Pleno

 

Minahasa, GemparBerita.Com – Partai golongan karya (Golkar), berpeluang satu kursi menjadi pimpinan dewan (wakil ketua) digedung manguni. Hal ini menyusul Pasca ditetapkan 35 anggota DPRD kabupaten Minahasa periode 2019-2024 partai golongan karya (Golkar) melalui akumulasi suara yang signifikan saat pilcaleg.

Bendahara DPD partai Golkar Sulut James Artur Kojongian (JAK) mengatakan bahwa dengan jatah 1 kursi tersebut pengurus DPD kabupaten harus melewati mekanisme organisasi, sehinggah DPD Sulut harus menyelenggarakan Rapat pleno penetapan pimpinan untuk menentukan siapa yang akan menjadi wakil ketua nanti.

” Berdasarkan dari rapat pleno ini akan diusulkan pada team seleksi, dan dari hasil penetapan juga akan dikirimkan pada pengurus DPP, ” ungkap Kojongian, selasa (13/08/2019) usai rapat pleno di Hotel Toudano.

Menurut kojongian, dengan jatah wakil ketua tersebut harus dirapatkan melalui pleno dalam pengurus harian, dikarenakan partai Golkar merupakan partai yang menganut konstitusi yang jelas dan dengan adanya rapat ini akan menemukan pimpinan dewan sementara dari partai golkar. untuk pimpinan dewan sementara sudah di putuskan tadi Ibu Stecy Runtu.

” Setelah dilantik, langsung menjabat sebagai pimpinan sementara. karena didalam mekanisme DPRD pemenang kedua mendapat juga pimpinan sementara, sebelum kelengkapan alat kelengkapan DPRD terbentuk harus ada pimpinan sementara,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPC Golkar Minahasa Careigh Naicel Runtu, menambahkan bahwa partai golkar memiliki asas atau aturan berorganisasi meskipun penuh dengan dinamika.

” Inilah golkar yang lahir dari cara bagaimana berdemokrasi melalui pleno untuk menempatkan seorang pimpinan yang kredibel,” tambah Runtuh

Diketahui, rapat pleno penetapan calon pimpinan dewan dari partai golkar ini sempat alot dimana timbulnya saling interupsi namun sesuai juknis dan kesepakatan bersama bisa menemukan titik terang, rapat sempat diskorsing selama 15 menit karena usulan sementara ada 3 nama yaitu ivone andris, stecy Runtu dan Imanuel Manus, sehingga harus diadakan pemilihan, dari hasil pemilihan tersebut menetapkan Stecy Runtu sebagai pimpinan Dewan sementara.

Hadir dalam Pleno, Sherly Adeline Sompotan, James A Kojongian, Rasky mokodompit, Veriando lamaluta, Elly luntungan dan Careigh Runtu dan anggota dewan Terpilih.

(Anes Walean)

Banner IDwebhost