Bicara Masalah Transportasi, Eman Hadiri APCS Brisbane

Tomohon,GemparBerita.com-Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menghadiri kegiatan citynet yang membahas pengembangan kota-kota anggota Citynet dan juga membahas solusi untuk kengamanan dalam transportasi sehingga meminimalisir kemacetan.
Pembahasan ini dilakukan dalam forum Asia Pacific Cities Summit (APCS) 2019 di Brisbane Australia 7-11 Juli 2019 dengan sejumlah agenda lainnya.
Delegasi Pemkot Tomohon yang hadir dalam forum Asia Pacific Cities Summit (APCS) 7-11 Juli 2019 di Brisbane Australia diataranya Sekda Lolowang, para anggota DPRD dan pejabat lainnya.
Peserta memperoleh pembekalan dalam pengembangan kota cerdas dengan mencontohi Kota Ipswich di Australia yang begitu sukses dalam menerapkan kota cerdas sehingga menjadi 7 kota top sebagai pemimpin global dalam penerapan inovasi untuk mengembangkan transformasi ekonomi dan sosial.
Peserta yang hadir yakni Walikota dari berbagai negara Asia Pasifik seperti Korea, China, Jepang, India, Malaysia dan Indonesia hadir. Sedangkan Indonesia dihadiri Walikota Bogor, Arya Bima, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina serta sejumlah Walikota lainnya dari Provinsi Sumatera, Kalimantan, NTB yang mewakili Komisariat Wilayah Apeksi di Indonesia.
Sejumlah masalah yang dihadapi setiap kota dibahas sekaligus dicari solusi pada forum diskusi terpisah, yang telah diatur panitia.
Narasumber atau pemateri APCS terdiri dari orang-orang hebat dengan segudang pengalaman serta telah meraih sukses dalam berbagai bidang. “Kota Tomohon fokus membahas smart city, inovasi publik, pengembangan Kepariwisataan dan transportasi serta kegiatan lainnya,” kata Eman.
Di forum ini,Walikota juga akan menyampaikan “sharing’ informasi terkait promosi pelaksanaan TIFF 2019 menunjang kepariwisataan nasional sekaligus pengembangan Kota cerdas Tomohon. “Pemanfaatan layanan infrastruktur dan mamadai sehingga menunjag kemajuan pengembangan perekonomian dan kesejahteraan umum,” tambahnya.
Sebagaimana diketahui, dewan kota Brisbane mengoperasikan sebanyak 21 Armada City Cats dan 9 Feri Monohull (termasuk City Hoppers). Jaringan 25 terminal terbentang dari The University of Queensland di St Lucia (UQSt Lucia), hingga Northshore Hamilton.
Model transportasi modern mendukung laju pembangunan dan pengembangan kota. Contoh dan praktek terbaik tentu dapat diterapkan untuk kesejahteraan kota. Masyarakat diharapkan mendukung dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dan sementara dilaksanakan.
Sebagai bagian dari komitmen pemerintah Australia menghadirkan jaringan transportasi umum kelas dunia, DPRD Brisbane memperkenalkan SpeedyCats pada September 2018. SpeedyCats menyediakan 100 layanan jam sibuk ekspres setiap minggu.Contoh yang baik dapat diterapkan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.(glen)

Banner IDwebhost