SPIP Berbasis Web Wajib Gunakan 6 Parameter Penilaian

BITUNG,GemparBerita.com-Sekretaris Kota Bitung DR Audy Pangemanan AP MSi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Berbasis Web di Lingkungan Pemerintah Kota Bitung, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Wali Kota Bitung, Senin 17 Juni 2019.
Dalam sambutannya, Pangemanan mengatakan bahwa penyelengaraan kegiatan pada perangkat daerah mulai dari perencanaan pelaksanaan pelaporan dan pengawasan hingga pertanggung jawaban harus dilaksanakan secara tertib terkendali serta efisien dan efektif. “Salah satu unsur yang diperlukan untuk mendapatkan sistem pengendalian yang memadai adalah memperkuat peran aparat pengawasan interen Pemerintah (SPIP) yang efektif,” tukasnya.
Penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP, kata Pangemanan, dilakukan dengan mengunakan 6 Parameter penilaian terhadap unsur dan sub unsur penyelenggaraan SPIP.
Tambahnya, setiap parameter mewakili 6 kategori, penerapan SPIP bukan sekedar Formalitas untuk memenuhi suatu ketentuan peraturan perundang-undangan, SPIP harus di terapkan sabagai suatu budaya atau kultur pengendalian yang menjadi bagian dari bidaya kerja organisasi. “Selain itu, penerapan SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi,” tandasnya.
Lanjutnya, untuk membangun SPIP sebaiknya dipahami berbagai proses manejemen penyelenggaraan, penerapan SPIP ini dilaksanakan oleh pimpinan dan seluruh pegawai dan diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Daerah dengan mandat pelaksanaan SPIP ini lebih dibebankan pada orang atau jabatan.
Katanya lagi, sesuai dengan target pemerintah pusat dalam RPJM level Maturitas SPIP pada Tahun 2019 harus pada level tiga berkaitan dengan hal tersebut kita berharap adanya upaya yang konkrit dan kesungguhan dari seluruh OPD untuk meningkatkan maturitas SPIP di Kota Bitung. “Juga saya mengimbau agar seluruh ASN untuk meningkatkan kinerjanya secara maksimal agar bisa mencapai target tersebut,” imbuhnya.
Pangemanan berharap agar pelaksanaan BIMTEK ini dapat di ikuti dengan baik dan saksama kepada narasumber dan tim, ia berpesan agar dalam melaksanakan BIMTEK ini lebih banyak melibatkan peserta dalam berinteraksi sehingga materi yang di berikan lebih efektif.
Turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sukawesi Utara Sofyan Anthonius, para narasumber dari BPKP Provinsi Sulut, Asisten I, II dan III serta Staf Ahli Kepala Perangkat Daerah.(glen)

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*