Sebanyak 55.800 Warga Minut Ikut Jamkesda di Bayar Pemkab

Minut. GemparBerita.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tiap bulan harus mengeluarkan anggaran Rp23 ribu perorang dan total perbulan sebesar Rp1.28 miliar serta pertahun sebesar Rp.14 miliar untuk membayar asuransi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dari 55.800 warga. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Rina Widayati MKes melalui Sekretaris Dinkes Olvi Kalengkongan SPd M.MPd, Rabu (15/5/2019) di ruangan kantor Dinkes.

“Jumlah warga Minut sesuai data Disdukcapil kurang lebih 220 ribuan. Namun yang masuk terdaftat di BPJS Kesehatan sebanyak 219.086 dimana 55.800 orang diantaranya dibayar Pemkab Minut melalui Jamkesda,” ucap Kalengkongan.

Dijelaskan Kalengkongan, dengan banyaknya peserta BPJS Kesehatan menandakan jika masyarakat sudah sadar akan pentingnya asuransi kesehatan bagi mereka. Dinkes Minut sendiri optimis jika tahun ini, seluruh masyarakat Minut sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Diketahui, sejak 1 Januari 2014, asuransi kesehatan dari pemerintah yang dikenal dengan Askes berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Badan hukum ini dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan semua penduduk Indonesia wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Banner IDwebhost