Pleno Rekapitulasi Suara di Talaud berjalan Lancar Jujur, Adil, Transparan dan Demokratis

Talaud, GemparBerita.Com – Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud (PPWP,DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota Pemilihan umum Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud yang digelar sejak 30 April 2019 hingga berakhir Tanggal 5 Mei 2019 Pukul 04.50 wita di Aula Kantor KPUD Talaud berlangsung Aman dan kondusif sehingga semuanya berjalan lancar.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Melonguane Timur Alfres Tinengke, mengapresiasi proses Pemilihan Umum Khususnya Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud telah berlangsung Jujur, Adil, Transparan , Demokrasi serta sesuai Prosedur atau Berjalan tanpa Kecurangan, terangnya saat mengikuti pelaksanaan kegiatan di Aula KPUD Talaud.

“Menurutnya Pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perhitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud telah berlangsung Jujur, Adil, Transparan , Demokrasi serta sesuai Prosedur atau berjalan tanpa Kecurangan” ujar Tinengke.

Ditambahkan juga PPK Melonguane Timur Telah melaksanakan rapat Pleno ditingkat Kecamatan telah berjalan dengan baik dari Kubu PWP 01 dan 02 semuanya sudah berjalan sesuai mekanisme aturan perundangan undangan yang berlaku.
Untuk perolehan suara PWP 01 sebanyak 2210 Suara dan untuk PWP 02 sebanyak 88 ” ucapnya.

Senada dengan para Saksi Parpol dari PDI P dan Saksi PPWP 01 Joko Widodo – Amin juga turut mengapresiasi penyelenggaraan Pleno Kabupaten Talaud berjalan sangat transparan , jujur , adil, lancar dan demokrasi serta tanpa kecurangan.

Sujatmo herendoli, saksi tingkat kabupaten dari PDI P yang mengikuti rapat pleno Rekapitulasi tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Aula KPUD Talaud, mengatakan bahwa sejak hari pertama hingga hari terakhir rapat pleno rekapitulasi suara mengatakan bahwa bagi kami PDI Perjuangan, itu sudah berjalan lancar penuh transparansi dan keterbukaan sehingga menghasilkan proses yang betul – betul memiliki daya yang bisa diuji. “ kami puas dengan hasil Pleno dari KPUD dengan pengawasan dari Bawaslu Kabupaten talaud,” ucap Herendoli.

Ditambahkan olehnya dari hari pertama hingga hari ke 4 pleno dalam hal pengambilan keputusan di Pleno ini tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak KPUD Talaud dan juga dibawah pengawasan dari Bawaslu Talaud sehingga pleno berjalan lancar dan menemukan hasil yang diinginkan oleh kita semua.

Dan juga pengamanan yang sudah sangat baik dilakukan oleh TNI – Polri dalam hal ini Polres kepulauan Talaud sudah sangat baik dan tidak ada kecurangan apalagi yang menyangkut tindak Pidana dan lain sebagainya semua intinya berjalan aman dan lancar.

” Bagi kami PDI P kami salut bahwa KPUD, Bawaslu,TNI – Polri sudah bekerja secara maksimal untuk itu kami ucapkan terima kasih,”.

Sementara itu,saksi dari Calon PWP 01 Mikail Elaira mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen elemen masyarakat Talaud, terlebih khusus krpada penyelenggara KPU talaud , Bawaslu dan semua penyelenggara yang terkait didalamnya sudah menyelenggarakan rapat rekapitulasi sudah berjalan dengan baik dan sesuai mekanisme yang ada dan tentunya Pleno rekapitulasi berjalan dengan sangat transparan , jujur , adil, lancar dan demokrasi .

“Rapat peno rekapitulasi berjalan dengan sangat transparan , jujur , adil, lancar dan demokrasi , yang tentunya dilaksanakan tanpa adanya kecurangan, ” tutur Elaira.

Untuk itu kami sangat mengapresiasi tugas dari KPU Penyelenggara,bawaslu dan semua yang terkait di dalamnya terima kasih semuanya sudah berjalan dengan baik, demikian pernyataan kami dari saksi calon Presiden No urut 1.

Ditempat terpisah Plt. Bupati Talaud, Petrus Simon Tuange, MSi mengatakan dirinya bersama jajaran pemerintah Kabupaten Talaud, sangat beryukur atas terjaliannya kerjasama yang baik kepada semua unsur terkait penyelenggara Pemilihan Umum(Pemilu) 2019, baik KPU, Bawaslu, Saksi Partai, maupun tokoh masyarakat dan tokoh agama serta pihak kepolisian yang terlibat langsung mengamankan jalannya Pemilu yang adil, jujur, dan aman.

“Kendati ada riak-riak kecil di lapangan namun itu adalah bagian dari demokrasi. Tapi pemilu di daerah ini sangat luar biasa aman, adil, dan jujur,” terang Tuange.

Tak ketinggalan Ketua DPRD Talaud, Max Lua, sangat mengapresiasi jalannya pemilu serentak di Kabupaten Talaud, yakni 17 April 2019 lalu.

“Pemilu yang jujur, adil, dan transparansi itu sudah disematkan di Kabupaten Talaud. Jadi suatu kebanggaan kita jika didaerah ini pemilunya aman dan terkendali, ” terang Lua dengan senyum.

Lanjut Lua, patut juga diapresiasi para penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Selain itu perlu diapresiasi kinerja aparat pengaman pemilu, baik TNI maupun Polri.

Sementara Kapolres Talaud, AKBP. Prasetya Sejati SIK, mengatakan dirinya bersama Tim Polres Talaud yang terlibat langsung mengamankan Pemilu 2019 di Kabupaten Talaud, sangat antusias menjalankan amanah negara demi terselenggarannya pemilu yang jujur, adil, transparan, dan demokratis.

“Dengan terselenggarannya pemilu 2019 di Kabupaten Talaud yang jujur dan transparan. Maka ini merupakan kemenangan kita bersama rakyat secara demokrasi,” jelas Kapolres.(Rendi)

Banner IDwebhost