Dispar Minut Hadiri Peresmian Kantor Resort Mantehage dan Pembangunan Mangrove Park

Minut, GemparBerita.Com – Dinas Pariwisata (Dispar) Minahasa Utara (Minut) menghadiri peresmian Kantor Resor Mantehage dari Taman Nasional Bunaken sekaligus Sosialisasi Pembangunan Mangrove Park. Peresmian ini diresmikan oleh Kepala Balai TN Bunaken Dr. Farianna Prabandari, Sabtu (25/5/2019).

Turut hadir peresmian ini Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI. Gig Jonias Mozes Sipasulta M.Mar.Stud, Kepala Dispar Minut dr. Sandra J.L Rotty, MM diwakili oleh Ferdy Tulong S.ST.Par, Sekertaris Kecamatan Wori, Para Hukum Tua dan undangan.

Dalam sambutan Kadis Dispar Minut dr. Sandra Rottydi melalui Ferdy Tulong mengatakan, Taman Nasional Bunaken meliputi lima pulau utama yaitu Pulau Bunaken, Pulau Siladen, (Kota Manado) serta Pulau Mantehage dan Pulau Nain (Kabupaten Minut). Kantor Resor Mantehage sendiri terletak di Desa Bango,Pulau Mantehage Kec. Wori. Pulau Mantehage sendiri menurut KEPPRES Nomor 6 Tahun 2017 telah ditetapkan dan masuk dalam 111 pulau-pulu kecil terluar Indonesia.

“Khusus untuk Pulau Mantehage yang masuk dalam Taman Nasional Bunaken akan dikembangkan Wisata Mangrove melalui pembangunan Mangrove Park didalam juga akan dikembangkan wisata edukasi, kuliner dan fasilitas penunjang di 4 (empat) Desa, yakni Bango, Buhias, Tinongko dan Tangkasi,”ucap Tulong.

Ditambahkannya, pengembangan Wisata ini, untuk penguatan Sumber daya manusia, Aksesibilitas, sarana telekomunikasi, Pengembangan Home Stay serta Promosi Wisata.

“Ini sangat sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di Bawah Pimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan, S.Th dan Wakil Bupati Ir. Joppie Lengkong,M.Si yakni Minahasa Utara menjadi Kabupaten Agribisnis, Industri dan Pariwisata secara terpadu dan berkelanjutan di Tahun 2021,”ujarnya.

Ditanya kunjungan wisatan manca negara di kabupaten Minut. Tulong menjelaskan sejak bulan April tahun 2019 sebanyak 23.759 mengalami kenaikan 11 persen dibanding Jumlah kunjungan sampai dengan April 2018 yang berjumlah 20.925 Wisatawan.

“Jumlah didominasi oleh wisatawan asal Tiongkok, Jerman, AS dan Inggris . Daya tarik Wisata favorit yang dikunjungi antara lain Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pantai Paal, Pantai Pulisan, Taman Purbakala Waruga Sawangan, Desa Ekowisata Bahoi, dan daya tarik wisata Lainnya,”pungkasnya.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.