Komisi I DPRD Halmahera Selatan Sembangi Dinsos Minut dan Pelajari Perda Pemberhentian Kepala Desa

Minut, GemparBerita.Com – Komisi I DPRD Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara sebanyak 15 anggota DPRD menyambangi Kantor Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (20/2/2019) di Kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Pemerintah Desa (Dinsos dan PMD).

Kedatangan Komisi I DPRD Halmahera Selatan ini mempelajari Peraturan Daerah (Perda) tentang pemberhentian atau pengangkatan perangkat Desa. Kedatangan mereka langsung disambut oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Minut Drs Rivino Dondokambey dan Kepala Dinas Dinsos dan PMD Bobby Najoan.

Wakil Ketua Rombongan Asnawi Lagalante menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Minut untuk mempelajari Perda pemberhentian atau pengangkatan Perangkat Desa karena di Halmahera belum di terapkan mengingat dari segi geografis dengan Kabupaten Halmahera Selatan sangat sama.

“Dipilih Minut karena ada Perda tentang pengangkatan dan pemberhentian aparatur desa dan juga lahir beberapa Perbup soal desa,” ungkapnya.

Diakui Lagalante, permasalan desa di Minut dan di daerahnya sama, terlebih tentang pengangkatan kepala desa/kumtua serta perangkat desa lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya studi banding ini, kami bisa mendapat ide-ide yang baik untuk dibawah ke daerah kami dan layak diterapkan,” katanya seraya menambahkan jika DPRD Halmahera Selatan baru kali ini mendatangi Kabupaten Minut.

Disamping itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Minut Drs Rivino Dondokambey menjelaskan soal perkembangan pemerintahan desa di Minut.

“Terlebih soal adanya Pemilihan Hukumtua (Kumtua) yang akan digelar pada tahun ini seusai Pilkada Capres dan Legislatif,” ujar Dondokambey.

Pertemuan diakhir dengan penyerahan cenderamata dari Wakil Ketua Rombongan Asnawi Lagalante kepada Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Minut Drs Rivino Dondokambey.

Alfian Aso Posumah

Banner IDwebhost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*